Rekomendasi Susu Rendah Lemak Tinggi Kalsium Rekomendasi Susu Rendah Lemak Tinggi Kalsium

Diposting pada

Mungkin anda berpikir bahwa saat diet, anda harus menghindari produk susu rendah lemak agar diet anda tidak terganggu. Faktanya, anda tetap butuh susu untuk kebutuhan tulang, sekalipun sedang diet.

Lalu apa yang harus anda lakukan agar kalsium anda tetap terpenuhi namun tidak mengganggu proses diet? Yup, anda harus menemukan produk susu yang tepat, yaitu susu rendah lemak namun tinggi kalsium.

Manfaat Minum Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak adalah susu yang biasanya mengandung sekitar 1,3% hingga 1,5% lemak. Dari segi manfaat, susu rendah lemak sama seperti susu full cream. Namun, kandungan kalsiumnya lebih banyak, dan lemaknya lebih rendah. Mengonsumsi susu rendah lemak mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya:

Menurunkan Berat Badan

Susu rendah lemak mengandung jumlah kalori yang lebih sedikit dari susu murni. Meski begitu, susu rendah lemak memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi akibat proses fortifikasi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Society for Nutrition, fortifikasi adalah proses menambahkan nutrisi atau komponen bioaktif non-nutrisi pada produk yang bisa dimakan. Dalam susu rendah lemak, ada 9 persen kandungan vitamin A dan 29 persen vitamin D yang dibutuhkan tubuh per hari.

Susu rendah lemak merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Mengonsumsi asupan berprotein tinggi terbukti mengurangi rasa lapar, meningkatkan sensasi kenyang dan rasa puas.

Ini terjadi karena protein mampu meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang (leptin) sekaligus menurunkan hormon pemicu lapar, yakni ghrelin dan peptide YY. Alhasil, anda akan makan dengan porsi yang lebih sedikit.

Menambah Kekuatan Tulang

Salah satu manfaat terbesar susu adalah untuk mejaga kesehatan tulang. Saat diet, asupan makanan menjadi terbatas sehingga gizi yang diperoleh tubuh juga ikut berkurang. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi tulang. Untuk itu penting mengonsumsi produk susu demi mencegah tulang anda menjadi keropos. Susu yang rendah lemak namun tinggi kalsium akan membantu anda mencegah masalah tulang tanpa takut mengacaukan diet.

Tubuh memerlukan vitamin D dan kalsium untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk tulang, tapi juga membantu menjaga kesehatan sendi dan otot. Satu gelas  susu rendah lemak mengandung 299 miligram kalsium yang bisa memenuhi 30 persen kebutuhan harian tubuh, yang dapat membuat tulang menjadi lebih padat. Karena memiliki  kandungan lemak yang rendah, maka kalsium dalam susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Mengontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Susu rendah lemak adalah susu yang paling cocok untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebuah situs kesehatan menyebutkan bahwa biji-bijian, buah, sayur, dan produk susu rendah lemak adalah jenis makanan yang direkomendasikan dalam diet untuk pengidap tekanan darah tinggi. Diet ini disebutan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Menurut penelitian, segelas susu menyediakan kalsium, magnesium, kalium yang membantu menurunkan dan mempertahankan tekanan darah tetap normal. Nutrisi ini mengatur berbagai sistem dalam tubuh, seperti tekanan darah, kadar gula darah, fungsi otot dan saraf. Sama seperti kalium, tubuh juga  memerlukan magnesium untuk menjaga fleksibilitas pembuluh darah sehingga membantu mengendalikan tekanan darah tetap normal.

Memelihara Kesehatan Jantung

Selain menjaga kesehatan tulang, susu rendah lemak juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Penelitian yang termuat dalam The Lancet (2018) menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi dua gelas atau lebih susu setiap hari memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah. Konsumsi susu rendah lemak juga bisa menurunkan resiko stroke dan kematian akibat jantung.

Rekomendasi Produk Susu Rendah Lemak Tinggi Kalsium

Susu rendah lemak menjadi salah satu jenis susu yang sedang populer dan diminati banyak orang, khususnya bagi mereka yang sedang menjalankan gaya hidup sehat atau sedang menjalankan program penurunan berat badan. Tidak semua jenis susu tepat untuk menyertai diet anda, karena beberapa susu justru memiliki kalori yang tinggi. Untuk membantu anda menemukan produk susu yang tepat, berikut beberapa rekomendasi susu rendah lemak namun tinggi kalsium:

Greenfields Low Fat Milk

Greenfields low fat adalah susu rendah lemak yang dibuat dengan menghilangkan sebagian besar air dan lemak yang ada dalam susu. Susu skim adalah bagian dari susu yang krimnya diambil sebagian atau seluruhnya. Kandungan lemak pada susu skim cukup rendah atau hanya 1,1% lemak sehingga sempurna untuk anda yang menjaga berat badan. Meskipun susu rendah lemak ini kaya akan kalsium dan protein, harganya terbilang cukup murah yaitu di kisaran Rp20 ribu – Rp30 ribu.

Frisian Flag Low Fat

Para pecinta susu pasti tidak asing dengan brand susu satu ini. Selain harganya yang terjangkau, brand ini juga menyediakan banyak variasi susu, salah satunya jenis low fat atau rendah lemak. Susu  Frisian Flag low fat mengandung susu segar, air, susu skim bubuk, laktosa, bubuk whey, serta 7 vitamin yang mengandung antioksidan dan tokoferol. Susu Frisian Flag low flat mengandung lemak yang rendah dan bisa dikonsumsi untuk orang yang sedang mengurangi asupan lemak dalam pola makan sehari-hari. Diproduksi menggunakan susu segar dengan kandungan zat gizi makro (protein, karbohidrat dan lemak), sumber 7 Vitamin (Vitamin A, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12),  Vitamin E dan B5.  Sumber 3 mineral penting (Kalsium, Fosfor dan Yodium) dan Magnesium, Zink, Selenium, Natrium dan Kalium.

Ultra Milk Low Fat Hi-Calcium

Ultra Milk Low Fat High Calcium dibuat dari 100% susu sapi, dengan pengurangan kandungan lemaknya serta peningkatan kandungan kalsiumnya. Keseimbangan kandungan lemak dan kalsium di dalamnya membuat kalsium dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Kandungan rendah lemaknya dapat membantu proses diet anda. Selain untuk menurunkan berat badan, susu rendah lemak ini juga baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Susu ini bisa dikonsumsi oleh orang dewasa maupun muda yang memiliki gaya hidup aktif.

WRP Everyday Low Fat Milk

Anda mungkin tidak asing lagi mendengar nama susu WRP, apalagi WRP memang dikenal sebagai produk diet. Susu WRP Everyday low fat hadir sebagai susu rendah lemak kemasan praktis kaya nutrisi dan berkalsium tinggi dengan rasa yang enak. Susu rendah lemak WRP dilengkapi dengan Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, B12, Vitamin C, D, dan E, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Zat Besi, Selenium, Iodium, Seng, dan Biotin.

Itulah beberapa rekomendasi produk susu rendah lemak yang bisa menunjang proses diet anda, karena diet yang sehat seharusnya tidak hanya soal mengurangi jumlah kalori, tapi juga disertai dengan asupan gizi yang seimbang. Selain bermanfaat terhadap berat badan, susu rendah lemak juga memiliki manfaat lain bagi tubuh seperti menjaga kesehatan jantung dan tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *