Macam-Macam Pengobatan Alami Sakit Liver

Diposting pada

Hati merupakan salah satu organ vital manusia yang berperan penting dalam proses pembuangan racun dan zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Oleh sebab itu penting sekali untuk mengetahui pengobatan alami sakit liver untuk membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit hati sebelum terlambat

Alternatif Pengobatan Alami Sakit Liver yang Bisa Anda Coba

Dewasa ini, banyak orang yang memiliki kondisi hati (liver) yang buruk, termasuk di antaranya sirosis, penyakit hati berlemak alkoholik maupun non-alkoholik, kanker hati, gagal hati, dan hepatitis Setiap tahun, penyakit hati menyebabkan hampir 2 juta kematian di seluruh dunia

Faktor risiko sakit liver antara lain; asupan alkohol yang berlebihan, kadar gula darah tinggi, obesitas, tekanan darah tinggi, virus, peningkatan trigliserida dan kadar kolesterol, dan banyak lagi. Selain pengobatan medis standar, banyak orang beralih ke terapi alternatif, termasuk suplemen herbal untuk mencegah dan membantu mengatasi masalah liver mereka. Berikut beberapa contohnya:

Ginseng

Ginseng adalah suplemen herbal populer yang dikenal dengan khasiat antiinflamasinya yang kuat. Sejumlah penelitian yang melibatkan hewan telah menunjukkan hasil bahwa ginseng memiliki efek antioksidan dan dapat membantu melindungi dari cedera hati yang disebabkan oleh virus, racun, dan alkohol. Ditambah lagi dapat meningkatkan regenerasi sel hati pasca operasi.

Sementara itu, pada penelitian yang melibatkan manusia telah menunjukkan bahwa ginseng merupakan alternatif pengobatan alami sakit liver karena dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi pembengkakan serta kelelahan pada orang yang menderita penyakit hati atau disfungsi hati.

Ginseng relatif aman untuk kesehatan hati apabila digunakan sendiri sebagai pengobatan, tidak berdampingan dengan obat-obatan medis lainnya. Sebab, ginseng reaktif terhadap beberapa jenis obat tertentu yang justru dapat menyebabkan cedera hati.

Teh hijau

Meskipun secara teknis bukan herbal, teh hijau dan senyawa polifenol utamanya epigallocatechin-3-gallate (EGCG) sering dimasukkan dalam tinjauan literatur yang berfokus pada pengobatan herbal untuk kondisi hati.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa dengan mengonsumsi suplemen ekstrak teh hijau atau mengonsumsi setidaknya 2 cangkir teh hijau sehari merupakan pengobatan alami sakit liver yang sangat direkomendasikan.

Asupan teh hijau juga telah terbukti melindungi dari berbagai kondisi hati, termasuk kanker hati, hepatitis, sirosis, perlemakan hati (steatosis hati), dan penyakit hati kronis.

Kopi

Mungkin Anda tidak akan menyangka bahwa kopi merupakan salah satu alternatif pengobatan alami sakit liver. Namun faktanya memanglah demikian. Mengonsumsi (maksimal) dua cangkir kopi hitam tanpa gula setiap harinya dapat membantu menurunkan risiko penyakit liver dan memelihara fungsi hati.

Akar manis (licorice)

Licorice atau akar manis yang identik dengan kembang gula telah terbukti memiliki efek antiinflamasi, antivirus, dan pelindung hati dalam penelitian ilmiah. Komponen aktif utama dalam akar manis ini adalah senyawa saponin glycyrrhizin, yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Jepang untuk mengobati banyak penyakit, termasuk penyakit hati.

Beberapa penelitian telah menunjukkan ekstrak akar manis ini dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan alami sakit liver jenis tertentu. Meskipun temuan ini begitu menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian.

Terlebih lagi, beberapa orang lebih sensitif terhadap licorice, dan penggunaan produk licorice yang kronis dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya, termasuk tekanan darah tinggi dan kadar kalium dalam darah yang rendah

Kunyit

Kunyit dengan kurkumin sebagai komponen aktif utamanya telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Banyak dokumentasi dan penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa kunyit memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker yang kuat, sehingga menjadikan ramuan ini pilihan populer bagi penderita penyakit liver.

Sebuah studi pada orang-orang non-alkoholik yang menderita penyakit liver menunjukkan perkembangan kesehatan hati yang cukup baik dengan mengonsumsi 500 mg zat kurkumin setiap hari selama 8 minggu.

Sementara itu pada kelompok lain yang melengkapi asupan 500 mg kurkumin dengan 5 mg pipperin selama 12 minggu, ditemukan hasil yang jauh lebih memuaskan dan lebih signifikan angka penurunan kadar kerusakan hati dan kolesterol jahat. Pipperin adalah senyawa yang terdapat dalam lada hitam yang berguna untuk meningkatkan penyerapan kurkumin.

Bawang putih

Meskipun bawang putih secara botani dianggap sebagai sayuran, bawang putih merupakan komponen populer dari banyak pengobatan herbal. Bawang putih mengandung antioksidan kuat dan senyawa tanaman anti-inflamasi, seperti allicin, alliin, dan ajoene, yang bisa menjadi salah satu pengobatan alami sakit liver.

Selain itu, dari sebuah penelitian ditemukan hasil bahwa dengan mengonsumsi bawang putih mentah dua kali atau lebih per minggu dapat menurunkan risiko kanker hati sebesar 23%, dibandingkan dengan mengonsumsi bawang putih mentah kurang dari dua kali per minggu. Selain bawang putih mentah, kapsul atau kaplet ekstrak bawang putih juga bisa dijadikan sebagai suplemen harian.

Jahe

Rimpang jahe merupakan bahan kuliner yang populer dan juga biasa digunakan sebagai pengobatan untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit hati. Berbagai penelitian dan studi ilmiah sudah membuktikan hasil luar biasa dari ginseng pada penderita penyakit liver.

Jahe mengandung beberapa senyawa kuat seperti gingerol dan shogaol yang dapat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan serta kerusakan sel. Selain itu, jahe juga dapat membantu detoksifikasi berbagai racun dari dalam tubub misalnya saja alkohol.

Jahe memang relatif aman untuk para penderita penyakit liver. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda ingin menjadikan produk jahe dosis tinggi sebagai salah satu pengobatan alami sakit liver yang Anda alami.

Danshen

Danshen adalah zat yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok yang terbuat dari akar kering dari ramuan Salvia miltiorrhiza Bunge. Penelitian pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa danshen mungkin memiliki efek positif pada kesehatan hati.

Penelitian pada hewan menunjukkan danshen dapat membantu melindungi dari penyakit hati terkait alkohol dan meningkatkan regenerasi jaringan hati, sementara beberapa penelitian pada manusia menunjukkan suntikan danshen menjadi pengobatan alami sakit liver yaitu fibrosis hati bila digunakan bersamaan dengan pengobatan herbal lainnya.

Ginkgo biloba

Ginkgo biloba merupakan sejenis tanaman yang dijadikan sebagai suplemen herbal populer yang bermanfaat untuk merawat kesehatan hati. Sebuah penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa suntikan ginkgo biloba mengurangi fibrosis hati dan meningkatkan fungsi hati.

Astragalus

Astragalus adalah ramuan yang dapat dikonsumsi dan sering ditemukan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Astragalus mengandung berbagai senyawa obat, termasuk isoflavonoid, saponin dan polisakarida yang memiliki efek teurapetik yang cukup kuat.

Meskipun beberapa pengobatan alami sakit liver seperti yang telah disebutkan dalam artikel ini dapat membantu memperbaiki masalah yang berhubungan dengan organ hati, Anda harus tetap waspada dan bijak dalam mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan beberapa jenis suplemen herbal bereaksi terhadap obat-obatan kimia, yang bukan hanya bisa memperparah kondisi liver melainkan juga dapat menyebabkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *