Kenali Gangguan Penyakit Pada Sistem Pencernaan

Diposting pada

Sistem pencernaan merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai fungsi dan peranan besar, salah satu penyakit yang umumnya menyerang sistem pencernaan dan dialami oleh banyak orang yaitu diare, mungkinkah anda salah satunya ?, namun bukan hanya diare ada berbagai jenis penyakit sistem pencernaan lainnya.

Penyebab dari berbagai penyakit  ini ada berbagai jenisnya juga, pada tubuh penyakit ini perlu dihindari karena jika sudah menyerang maka akan mempengaruhi bagian tubuh yang lainnya.

Oleh sebab itu disini akan dibahas tentang cara mengenali berbagai gangguan penyakit yang sering menyerang sistem pencernaan, mulai dari yang pengaruhnya ringan sampai penyakit dengan pengaruh yang besar.

Umumnya penyebab yang sering terjadi pada sistem pencernaan ini dari makanan yang dikonsumsi, saat ini berbagai jenis makanan yang sifatnya gas, padat maupun cair. Nah tidak semua jenis makanan yang cocok untuk anda konsumsi, maka dari itu kenalilah dengan baik.

Jenis-Jenis Gangguan Pada Sistem Pencernaan

Tugas pokok sistem pencernaan yaitu memecah atau mencerna makanan yang masuk ke dalam perut, dengan proses atau peranannya ini makanan tersebut akan didapatkan nutrisinya dan akan diserap oleh tubuh dan akan menghasilkan sebuah energi.

Itu adalah gambaran kecil perananannya namun sudah bisa memberitahukan sebesar besar peranannya, oleh sebab itu sangat penting untuk menghindari berbagai penyakit sistem pencernaan yang bisa menyerang kapan saja.

Lalu apa yang dimaksud dengan gangguan pada pencernaan ? mungkin anda sudah sering mengalaminya tapi belum mengenali dan mengetahui apa sebenarnya itu gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan merupakan gangguan pada saluran pencernaan yang juga disebut dengan gastrointestinal, ini termasuk beberapa bagian pada tubuh seperti kerongkongan, hati, lambung, usus halus, usus besar, kantong empedu, dan pankreas.

Jenis-jenis gangguan atau penyakit sistem pencernaan ini memiliki gejala yang berbeda, mulai dari jenis gangguan yang berlangsung dengan singkat dan akan sembuh hanya dengan perawatan yang ringan atau rumahan.

Dan ada juga jenis gangguan yang memberikan efek yang lama dengan membutuhkan bantuan dokter untuk bisa teratasi. Nah dari gejala-gejala tersebut seharusnya anda sudah paham tentang pentingnya mengenali gejala-gejala atau gangguan pada sistem pencernaan.

Untuk informasi yang lebih lengkapnya bisa anda simak penjelasannya berikut ini :

  1.       Sembelit

Pertama ada jenis gangguan yang paling sering menyerang sistem pencernaan yaitu sembelit, yang merupakan jenis penyakit sistem pencernaan yang akan membuat seseorang sulit atau jarang mengalami buang air besar.

Normalnya seseorang akan mengalami proses buang air besar sebanyak 3 kali dalam seminggu, jika anda tidak mengalami hal tersebut maka akan menyebabkan penyakit sembelit ini. Untuk penyakit ini anda bisa mengenali gejalanya, seperti berikut ini :

  1. a)      Mengejan ketika sedang buang air besar
  2. b)      Merasa mengalami penyumbatan pada rektum yang mengakibatkan fases menjadi sulit untuk dikeluarkan
  3. c)       Merasa tidak selesai atau tuntas ketika sedang buang air besar

Penyebabnya yaitu anda kurang mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi, kurang minum air, sampai pengaruh obat-obatan.

  1.       Diare

Penyakit sistem pencernaan yang kedua yaitu diare, tentu semua orang pasti pernah mengalaminya. Jenis gangguan ini menyerang seseorang jika mengalami peningkatan frekuensi buang air besar, penyebab dari penyakit ini ada berbagai hal.

Mulai dari infeksi rotavirus atau bakteri yang disebabkan dari obat atau perubahan pada pola makan, namun selain dari itu hal ini juga disebabkan karena terjadi nya peningkatan proses buang air besar. Untuk gejalanya yaitu seperti kram perut, demam, mual, kembung dan yang lainnya.

Semua kalangan pasti pernah terkena penyakit ini, mulai dari balita, remaja, dewasa, maupun orang tua, namun penyakit sistem pencernaan ini mudah diatasi kecuali jika anda membiarkannya bisa saja akan berakibat fatal.

  1.       Wasir

Gangguan pada sistem pencernaan selanjutnya yaitu wasir yang merupakan salah satu dari berbagai jenis gangguan lainnya, namun umumnya penyakit ini hanya dialami oleh seseorang yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Penyakit ini terjadi pada gangguan pencernaan yang memberikan rasa sakit yang diakibatkan oleh pembuluh darah pada saluran anus mengalami pembengkakan. Gejala yang bisa dikenali dari penyakit ini seperti keluarnya darah saat sedang BAB.

Untuk penyebab dari penyakit ini yaitu sembelit kronis atau kehamilan, solusinya bisa dengan ketika derajat awal yaitu perubahan gaya hidup seperti mengkonsumsi banyak cairan dan makanan yang berserat serta ibat-obatan.

Tapi jika sudah memasuki stadium yang tinggi, seharusnya anda memeriksakan diri ke dokter jika saja membutuhkan tindakan yang lebih lanjut.

  1.       Batu Empedu

Jenis gangguan pada sistem pencernaan selanjutnya yaitu batu empedu yang merupakan penyakit sistem pencernaan yang terjadi karena cairan empedu yang mengandung banyak kolesterol serta limbah dari sisa metabolisme.

Namun selain itu, gangguan yang satu ini juga bisa terjadi apabila terjadi pelepasan pada empedu yang mengalami hambatan, untuk mengenali gejalanya bisa anda simak berikut ini :

  1. a)      Nyeri kolik
  2. b)      Terjadi radang pada kantung dan saluran empedu
  3. c)       Ikterus atau jaundice

Jika seseorang mengalami penyakit ini ada beberapa faktor yang menjadi akibatnya, seperti seseorang dengan memiliki kondisi gemuk, memiliki usia lebih dari 40 tahun, perempuan, usia subur, tidak bisa memecah dan menyerap makanan yang berlemak dan sering buang air.

  1.       Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan penyakit sistem pencernaan dengan luka yang terjadi pada dinding lambung, penyebab penyakit ini yaitu karena adanya gangguan yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri helicobacter pylori atau karena efek samping penggunaan obat.

Mengenali ciri dari penyakit tukak lambung yaitu kembung, mual, dan muntah, mengalami fases berwarna gelap, penurunan berat badan, dan hilangnya nafsu makan.

  1.       Penyakit Divertikular

Jenis penyakit yang satu ini masuk dalam divertikulosis atau adanya pembentukan kantong kecil di dinding usus besar dan diverticulitis atau saat kantong mengalami peradangan. Disini seseorang akan mengalami kembung, mencret, atau nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah.

Untuk penyebabnya saat ini masih belum diketahui dengan pasti, namun diduga hal ini memiliki kaitan dengan gen. Namun ada juga faktor lainnya seperti kurangnya aktivitas fisik seseorang atau kondisi lain yang melibatkan sistem imun.

  1.       IBD

Penyakit sistem pencernaan yang satu ini yaitu inflammatory Bowel Disease atau IBD merupakan suatu kondisi peradangan yang prosesnya berlangsung dengan cukup lama yang terjadi di saluran pencernaan.

Umumnya dikenal dengan penyakit Crohn dan kolitis ulseratif, dengan jenis gangguan yang ditimbulkan seperti iritasi dan pembengkakan, diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, demam, dan penurunan berat badan.

Itulah beberapa jenis gangguan dan penyakit sistem pencernaan yang sering dialami oleh orang-orang pada umumnya, usahakan berikan solusi yang paling cocok untuk menghindari terjadinya hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *