Efektivitas Gerakan Senam Pilates Sebagai Olahraga Diet Alami

Diposting pada

Menurunkan berat badan memang tidak mudah karena dipengaruhi banyak faktor. Tapi berat badan sebenarnya bisa diatur dengan menyeimbangkan kalori yang masuk dan keluar dan dibarengi olahraga seperti misalnya senam pilates.

Pilates ini menjadi salah satu olahraga yang dapat membantu menurunkan berat badan dan cukup banyak direkomendasikan. Kebanyakan wanita menyukai jenis olahraga ini karena benar-benar dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Peran Pilates Untuk Menurunkan Berat Badan

Pilates pada dasarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, menurunkan berat badan hingga 10 kilogram per minggu bukanlah salah satunya. Sederhananya, Anda bisa menurunkan berat badan dengan membakar kalori.

Jumlah kalori yang terbakar saat  melakukan latihan ini tergantung pada jenis kelas senam pilates yang diikuti. Misalnya, orang dengan berat  68 pon yang mengikuti kelas Pilates pemula selama 50 menit akan membakar antara 210 dan 360 kalori per sesi.

Pembakaran energi setiap orang berbeda dan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk kehilangan sekitar 0,5 kg biasanya perlu membakar hingga 3500 kalori. Sehingga kombinasikan Pilates dengan latihan lain untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

Jika Anda melakukan Pilates untuk pemula setiap hari, tetapi tidak mengontrol pola makan Anda, Anda hanya akan kehilangan 0,5 kilogram dalam dua minggu. Tingkatkan juga intensitasnya jika ingin hasil yang maksimal.

Konsumsi makanan juga harus dipantau sehingga bisa efektif dalam pengendalian berat badan. Intinya senam pilates dapat membantu Anda menurunkan berat badan bila dikombinasikan dengan gizi seimbang, gaya hidup sehat dan jenis olahraga lainnya.

2 Manfaat Penting Senam Pilates Secara Rutin

Setelah mengetahui peranan senam pilates untuk membantu menurunkan berat badan, Anda juga perlu menyimak manfaat dari olahraga tersebut. Adapun 2 manfaat utama dari senam pilates yang bisa Anda dapatkan diantaranya meliputi:

Penguatan Otot

Pilates membantu mengencangkan otot terutama di bagian inti yaitu perut dan punggung. Memperkuat otot berkat Pilates secara bersamaan menghancurkan kelebihan lemak yang disimpan di bagian tengah tubuh.

Beberapa orang, terutama yang memiliki berat badan berlebih, mungkin akan kesulitan untuk berolahraga karena kekuatan ototnya yang tidak maksimal. Senam Pilates ini bisa membantu memperkuat otot tubuh dan membuat seseorang menjadi lebih lentur.

Memperbaiki Postur

Latihan Pilates melatih koordinasi dan gerakan simetris dengan tubuh. Anda bisa terbiasa melakukan gerakan sambil duduk atau berdiri dalam posisi yang tepat. Ini membantu mencegah rasa sakit dan ketidaknyamanan dari postur buruk sebelumnya.

Peregangan otot yang terjadi saat Anda melakukan Pilates juga mampu meningkatkan kapasitas paru-paru, sehingga memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Pilates juga membantu secara tidak langsung:

  • Meredakan dan mengurangi frekuensi sakit punggung
  • Meningkatkan energi dengan melakukan senam pilates secara rutin.
  • Merelaksasi otot bahu, leher dan punggung
  • Mencegah kerusakan tulang dan sendi
  • Meningkatkan konsentrasi dan kontrol serta kesadaran gerakan tubuh
  • Meningkatkan pikiran rileks dan mencegah stres

Kalori Yang Terbakar Dengan Pilates

Jumlah kalori yang terbakar selama Pilates tergantung pada berat badan Anda saat ini. Selain itu, jumlahnya juga tergantung dari jenis kelas Pilates yang Anda ikuti. Jika Anda menimbang, misalnya, 68 kg dalam kelas jogging pemula selama 50 menit.

Tubuh Anda akan membakar sekitar 175 kalori dalam satu kali latihan. Namun, jika Anda mengikuti kelas pilates dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, Anda bisa membakar sekitar 254 kalori dalam 50 menit.

Sedangkan untuk menurunkan sekitar 0,5 kilogram, Anda perlu membakar sekitar 3500 kalori. Oleh karena itu, menggabungkan senam pilates dengan berbagai latihan kardio menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba kelas kombinasi pilates seperti piloxing (pilates dan tinju) dan Yogalates (yoga dan pilates). Dengan kelas kombinasi ini, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori daripada kelas Pilates biasa.

Gerakan Senam Pilates Yang Praktis

Perut rata seperti artis adalah dambaan wanita. Namun terkadang lemak perut menghalangi wanita untuk mencapai perut rata yang mereka inginkan. Anda dapat melakukannya tanpa latihan berat dengan mengikuti gerakan Pilates sederhana berikut:

Gerakan Toe Dip

Lakukan ini dengan terlebih dahulu meluruskan tubuh dan mengangkat kaki, lalu menekuknya hingga membentuk sudut 90 derajat. Letakkan kedua lengan di samping tubuh, telapak tangan menghadap lantai pada gerakan senam pilates tersebut.

Kedua, tarik napas, lalu turunkan kaki kiri secara perlahan, gerakkan dari pinggul; hitung sampai dua tetapi jangan menyentuh lantai lalu buang napas. Dimulai dengan menarik napas dan diakhiri dengan menghembuskannya dan lakukan secara bergantian 12 kali.

Gerakan Leg Circle

Berbaring telentang dan regangkan kaki Anda di lantai. Angkat kaki kiri Anda ke arah langit-langit, jaga agar jari-jari kaki Anda tetap runcing dan lengan Anda di samping tubuh, telapak tangan ke bawah dan tahan selama 10-60 detik.

Jika posisi ini membuat Anda tidak nyaman, tekuk kaki kanan Anda dan letakkan kaki Anda di lantai. Buat lingkaran kecil di udara dengan jari-jari kaki kiri Anda, putar kaki Anda di pinggul pada gerakan senam pilates ini.

Tarik napas saat Anda mulai membentuk lingkaran dengan kaki. Jaga agar tubuh Anda setenang mungkin dengan mengencangkan perut Anda. Lakukan 6 putaran dan kemudian mundur 6 kali lagi. Ulangi dengan kaki lainnya.

Gerakan Roll Up

Berbaring di lantai dengan kaki lurus, telapak tangan ditekuk dan lengan lurus di depan dada. Jaga agar lengan Anda lurus dan perlahan angkat tubuh bagian atas. Perkuat tulang belakang Anda sampai Anda duduk dengan kokoh.

Gerakan Teaser

Dalam posisi duduk, angkat kedua kaki membentuk sudut 45 derajat, pertahankan perut, dada, dan kepala dalam posisi lurus atau sejajar. Selanjutnya untuk posisi senam pilates ini bersandar ke belakang dan membentuk sudut 4 derajat dengan lantai.

Angkat tangan dan tubuh Anda sekarang akan membentuk seperti huruf V. Rasakan otot menegang serta fokus pada gerakan ini adalah pada perut yang bisa Anda maksimalkan manfaatnya dengan baik.

Gerakan Criss Cross

Latihan ini dilakukan dengan posisi punggung bersandar pada matras. Kepala diangkat sementara lutut ditarik mendekati dada dan tangan diletakkan di belakang kepala. Kemudian tarik napas dan perlahan putar tubuh ke kiri.

Usahakan siku kanan menempel pada lutut kiri sambil kaki kanan diluruskan. Tahan posisi ini selama 5 hitungan sambil menghembuskan napas. Kemudian kembali ke posisi awal sambil menarik napas.

Gerakan ini diulangi secara bergantian hingga 5 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Latihan pilates dipercaya efektif membakar lemak tubuh lebih cepat dan sebaiknya dilakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik.

Sekian ulasan lengkap terkait efektivitas gerakan senam pilates sebagai olahraga diet alami. Semoga bermanfaat sebagai referensi yang bisa Anda ikuti dengan baik untuk hasil yang lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *