7 Cara Menyembuhkan Keputihan Yang Berlebihan Dengan Bahan Alami

Diposting pada

Selain mengalami menstruasi, para wanita juga dihadapkan dengan cairan putih yang keluar dari area kewanitaan atau yang disebut sebagai keputihan. Cairan ini sangat normal bagi wanita dengan catatan bahwa pernyataan tersebut tidak berlebihan. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda bisa mencoba beberapa cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan.

Pada dasarnya keputihan memiliki fungsi yang sangat bagus bagi area kewanitaan. Salah satunya yaitu untuk menjaga area kewanitaan tetap lembab, bersih dan terlindungi dari infeksi. Namun jika jumlahnya terlalu banyak, tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman bukan? Untuk info lebih lanjut, Anda harus menyimaknya di bawah ini!

Apa Itu Keputihan?

Sebelum mencari tahu tentang cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan, maka Anda harus tahu terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan keputihan. Jadi, keputihan atau yang biasa juga disebut sebagai white discharge merupakan cairan bening atau putih yang keluar dari Miss V yang sebagian besar terdiri dari sel dan bakteri.

Secara umum keputihan dibagi menjadi dua yaitu keputihan normal dan abnormal keputihan normal merupakan keputihan yang cairannya tidak bau, bening dan dalam jumlah yang sedikit. Sedangkan keputihan abnormal biasanya perubahan pada tekstur, warna, bau ataupun jumlah keputihan tersebut yang menandakan bahwa adanya masalah.

Cara Menyembuhkan Keputihan Yang Berlebihan Secara Alami

Jika mengalami keputihan dalam jangka waktu yang lama atau bahkan dengan jumlah yang terlalu banyak, tentu akan membuat Anda merasa kurang nyaman dengan kondisi tersebut. Untuk itu, Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan secara alami berikut ini.

Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu dedaunan yang banyak digunakan untuk kesehatan, termasuk kesehatan area kewanitaan. Hal ini terbukti dengan banyaknya produk pembersih Miss V yang menjadikan daun sirih sebagai salah satu komponen penting.

Kepercayaan masyarakat terhadap manfaat daun sirih tentu tidak terlepas dari sifat daun sirih yaitu antibakteri dan anti jamur. Sehingga wajar saja jika Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai salah satu bahan ketika akan mempraktekkan cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan dengan bahan alami.

Adapun caranya tergolong sangat mudah yaitu Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sirih dan merebusnya dengan dua gelas air saja. Kemudian Anda bisa menunggu beberapa saat hingga air tersebut hanya tinggal setengahnya. Setelah itu, Anda bisa meminum air tersebut dalam kondisi hangat ataupun dingin dan lakukan setiap hari.

Bawang Putih

Siapa yang menyangka bahwa ternyata bawang putih merupakan salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan atau mengatasi keputihan yang berlebihan. Cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan menggunakan bawang putih memang belum banyak digunakan, namun efeknya sangat bagus.

Hal ini dikarenakan di dalam bawang putih terdapat zat-zat yang mengandung sifat anti jamur dan antibakteri. Sehingga ketika Anda mengkonsumsinya secara rutin, maka akan mampu menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan dan nantinya juga akan berefek semakin sedikitnya keputihan yang akan Anda alami.

Biji Fenugreek

Biji fenugreek memang belum begitu lumrah di masyarakat dan hanya sedikit orang yang menggunakannya. Namun tahukah Anda bahwa ternyata biji yang berasal dari tanaman fenugreek atau klabet ini menjadi salah satu bahan yang sangat ampuh untuk digunakan dalam cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan.

Hal ini dikarenakan biji tersebut dipercaya mampu membantu meningkatkan jumlah PH pada area kewanitaan. Sehingga dianggap cukup ampuh dalam mengatasi keputihan tersebut. Untuk menggunakan biji ini sangatlah mudah yaitu Anda hanya perlu merendam satu sendok makan biji fenugreek dalam air hangat selama seharian penuh.

Kemudian, Anda bisa menyaring air rendaman tersebut. Selanjutnya minumlah air tersebut secara rutin setiap hari sebelum sarapan. Bagaimana, cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan menggunakan biji fenogreek.

Kunyit

Salah satu bumbu dapur yang satu ini memang banyak digunakan untuk berbagai jenis jamu tradisional dan memang sudah terkenal dengan khasiatnya. Salah satunya yaitu mampu menyembuhkan keputihan yang berlebihan. Hal ini tidak terlepas dari kandungan zat yang dimiliki yaitu berupa anti bakteri yang mampu menghilangkan keputihan.

Cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan dengan memanfaatkan kunyit bisa dimulai dengan cara menyiapkan dua buah bunyi yang kemudian dikuliti atau bersihkan. Setelah itu, parutlah kunyit tersebut.

Pada tahapan selanjutnya, Anda bisa memeras sari dari kunyit tersebut dengan cara menambahkan sedikit air agar lebih nikmat. Jika Anda menyukai manis,.tambahkan satu sendok makan madu. Setelah siap, Anda harus rutin meminum dua kali dalam sehari ramuan tersebut.

Plain Yoghurt

Cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan selanjutnya yaitu dengan cara mengkonsumsi yoghurt tawar. Hal ini dikarenakan yoghurt tawar memiliki kandungan konsentrasi bakteri lactobacillus yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga PH wanita menjadi menjadi seimbang pada area kewanitaannya.

Bakteri lactobacillus yang ada pada yoghurt ini juga akan memulihkan area yang sudah terinfeksi jamur atau bakteri yang menyebabkan keputihan dan membuat area vagina menjadi tidak ramah terhadap patogen. Untuk mengatasi keputihan ini, Anda hanya perlu mencoba mengkonsumsi yoghurt tanpa pemanis dengan rutin.

Pisang

Salah satu pantangan ketika sedang mengalami keputihan yaitu makanan yang memiliki kandungan gula. Hal ini dikarenakan gula yang berlebih mampu memicu tumbuhnya jamur dan menyebabkan terjadinya keputihan. Cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan bisa dilakukan dengan mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari.

Mengkonsumsi buah pisang tersebut harus dilakukan selama mengalami keputihan. Pemilihan buah pisang sebagai salah satu bahan alami untuk mengatasi keputihan dikarenakan dalam buah pisang terdapat glikemik yang sangat tinggi dan mampu menggantikan kebutuhan gula harian sehingga Anda tidak perlu mengkonsumsi gula lagi.

Delima

Cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan buah delima. Hal ini dikarenakan hampir semua bagian dari pohon delima seperti kulit batang, akar, buah, dan bahkan bunga delimanya pun memiliki kandungan saponin dan flavonoid.

Selain itu, pada bagian akarnya pun mengandung polifenol dan pada bagian batang buah dan bunga juga memiliki kandungan tanin. Dengan berbagai zat yang dimilikinya, berbagai bagian dari tumbuhan delima ini bisa dimanfaatkan untuk masalah kesehatan yang salah satunya yaitu untuk menyembuhkan keputihan.

Hal ini dikarenakan zat yang dikandungnya mampu membunuh bakteri. Bahkan dalam beberapa jurnal mengatakan bahwa buah delima memiliki fungsi untuk mengatasi infeksi jamur dan infeksi jamur inilah yang menjadi penyebab keputihan terjadi. Maka wajar jika banyak yang mempraktekkan cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan dengan buah delima.

Untuk menyembuhkan keputihan yang berlebihan dengan memanfaatkan buah delima, Anda hanya perlu merebus 30 gram kulit buah delima dengan air sekitar 1 liter hingga air rebusan tersebut tersisa setengahnya. Setelah itu, minumlah rebusan air tersebut selagi hangat dan minumlah dua kali sehari.

Demikianlah beberapa cara menyembuhkan keputihan yang berlebihan dengan berbagai bahan alami yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di sekitar. Selain lebih minim resiko, penggunaan obat alami di atas sudah terbukti mampu mengatasi keputihan yang berlebihan. Jika memang Anda sedikit ragu, maka Anda bisa mendatangi dokter untuk konsultasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *